Selasa, 12 Juli 2016

Pantangan Makanan Penderita Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal menjadi penyakit yang biasa banyak terjadi pada lansia baik laki-laki maupun perempuan. Penyakit batu ginjal merupakan penyakit yang ditunjukkan dengan adanya kandungan batu berbentuk kristal yang keluar bersama urin. Kristal yang terus terbentuk dalam saluran sistem kemih bisa menjadi penghilang untuk aliran urin sehingga urin tidak bisa keluar total dari sistem kemih. Bahkan pada kondisi tertentu bisa menyebabkan infeksi pada bagian sistem kemih, saluran kemih, dan ginjal.

Perlu anda ketahui, bahwa penderita batu ginjal sangat dilarang mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kerbohidrat cukup tinggi, sehingga sangat dianjurkan untuk anda tidak memakan-makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Oleh sebab itu, jika anda telah menderita penyakit batu ginjal, sebaiknya saat ini harus memperhatikan asupan makanan yang harus dikonsumsi. Berikut beberapa makanan pantangan yang dilarang penderita batu ginjal diantaranya:

1. Kurangi Makanan Yang Mengandung Banyak Garam
Makanan pantangan batu ginjal adalah makanan yang banyak mengandung garam, hal ini karena garam dapat memicu batu ginjal semakin membesar, sebaiknya anda mulai sekarang membatasi garam maksimal 3.500 mg perhari.

2. Kurangi Asupan Lemak
Umumnya tubuh hanya menyerap kalsium yang dibutuhkan, jika kalsium pada tubuh berlebih, maka kelebihan tersebut akan dibuang bersama air seni melalui ginjal. Ada baiknya mulai saat ini anda bisa membatasi asupan kalsium tidak lebih dari 800mg perhari. Beberapa makanan yang banyak mengandung kalsium antara lain speerti sayuran hijau, dan olahan susu.

3. Kurangi Makanan Yang Mengandung Oksalat
Sebaiknya makanan yang mengandung oksalat perlu dibatasi bagi anda yang penderita batu ginjal, hal ini karena oksalat atau asam satuan COO2 ini dapat mudah membentuk kristal yang menjadi terbentuknya batu ginjal atau jika ingin mengkonsumsinya tidak boleh lebih dari 50mg perhari. Adapun makanan dan minuman yang banyak mengandung oksalat antara lain:
  • Strawberry
  • Bayam
  • Teh
  • Biji-bijian
  • Cokelat
  • Gandum
4. Vitamin C memang sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun hal ini tidak berlaku untuk penderita batu ginjal. Bagi penderita batu ginjal sebaiknya dapat membatasi asupan vitamin C, sebab hasil dari metabolisme vitamin C dapat membentuk oksalat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika oksalat tidak baik untuk penderita batu ginjal. Umumnya kandungan vitamin C terdapat pada buah jeruk.

Nah itulah Pantangan Makanan Penderita Batu Ginjal. Namun sebaiknya apabila batu ginjal sudah besar maka secepat mungkin untuk memeriksakan pada dokter ahli agar bisa diberikan tindakan lanjutan karena lama kelamaan batu ginjal yang memebsar bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal. Tetapi apabila batunya masih kecil maka tidak perlu harus pergi ke dokter karena cukup mengkonsumsi banyak air putih dan dengan daun jelatang. Daun jelatang bisa dipakai sebagai obat alami batu ginjal karena bersifat diuretik maka batu yang berukuran kecil bisa keluar dengan sendirinya. Baca juga : Jenis-jenis Batu Ginjal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar